katilayu

Sekilas Katilayu

Katilayu Prolog :
Nama umum
Indonesia:Katilayu\Kilalayu

Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Sapindaceae 
Genus: Erioglossum
Spesies: Erioglossum rubiginosum 

-------------------
Katilayu di bagi menjadi Beberapa tipe/ jenis Menrut saya pribadi, Maaf kalau salah atau ternyata masih kurang al :.

Pertama :
Katilayu yg berasal dari Getah atau Tepatnya Resin dari Pohon Katilayu dimana dari getah tersebut proses awal adalah menggumpal dan mirip2 getah pd pohon mangga/nangka.. ada yg berwarna Kuning, Coklat Kemerahan, Coklat Kekuningan dan Coklat gelap..
Umumnya bentuk seperti ini banyak yg cari walaupun ane gak tau sebenarnya buat hal apa krn Katilayu pd bentuk seperti ini, tdk bisa diolah jd sesuatu

Kedua :
Resin atau getah Katilayu yg sudah mengeras tp belum masuk kriteria Fosil. bentuk Katilayu Semi Fosil spt ini, Bisa diolah jd bentuk Cincin atau untuk Liontin atau apapun tp warnanya agak kusam, kekerasannya kurang dan mudah Rusak/Retak serta kekerasannya dibawah Fosil

Ketiga :
Katilayu yg masuk Kategori Fosil, Dimana katilayu ini sdh aman jika dipoles atau diolah jadi suatu bentuk tertentu dan kekerasannya dan keindahannya jauh lbh baik dr yg semi Fosil

Keempat :
Katilayu yang Berasal dari Pohon Katilayu yg sdh Mem Fosil, Dimana Katilayu jenis ini kekerasannya Jauh lebih kuat dari Rough/Bahan Katilayu yg sumber nya dari Getah Pohon. 
dan pada Junis ini ada yg Tembus jika di sinari dan ada yg tdk Tembus.. atau umumnya di sebut dengan istilah " Katilayu Opag/Opaq " 

Kelima :
Katilayu Penggabungan antara Katilayu yg sdh mengeras dan memfosil dari batang katilayu dan ada campuran Getahnya yg sdh memfosil juga.. 

Keenam :
Buat saya Pribadi ini masuk kepada Mustika Katilayu, dimana Bahan Rough Getah Katilayu diperoleh dari dalam Pohon katilayu yang sdh mem fosil dan umumnya pohon katilayu tersebut sdh terkubur di dalam Tanah dan di dalam pohonnya ada Rough katilayu dan sebagian batangnya ada Getah katilayu yg sdh memfosil juga..

Ketujuh :
Bahan dari Kayu Katilayu Sendiri, dimana cukup baik atau bagus jika kekerasannya mencukupi dan jika disinari oleh Cahaya Senter/lampu akan membiaskan warna Merah/Kuning/Orange dan cukup Uniq jika kita mengolahnya menjadi Cincin/Liontin ataupun lainnya
Adapun saya pribadi senang dgn Katilayu krn Uniq dan Indah serta jika kualitas bahan bagus akan menambah keindahan selain harus dicari seseorang yg memoles Katilayu dengan baik,karena bahan tdk semua tukang poles mau memolesnya disebabkan memerlukan waktu yg lbh lama, memerlukan ketelitian, kecermatan dan hrs dipoles di tempat yg umumnya biasa memoles /memotong batu permata spt Safir,Ruby, Opal.. kl pakai mesin poles batu akik biasa bisa ancur dan kurang baik hasilnya. nKecuali Fosil Katilayu yg Bahannya dari Pohon Katilayu yg Mem Fosil, maka dapat dipoles dimanapun karena kekerasannya diats Katilayu Fosil yg Bahnnya dari Getah Katilayu 

Adapun untuk Katilayu Pantai Selatan (Energy lbh kpd Asihan ) yg saya ketahui saat ini ada 3 yaitu ( Katilayu Pelabuhan Ratu, Parang Tritis dan Karimun Jawa ) dan masing2 memiliki energy yg berbeda " Katanya"
Sedangkan Katilayu yg Berasal Dari Cirebon Lebih Dikenal untuk Pegangan Mancing.. 

Sekali lagi saya Menjual Katilayu dengan Garansi yg saya Jual adalah Asli Katilayu dan adapun tuah atau manfaat lainnnya, saya kurang memahaminya. Dan kembali kepada kepentingan masing2 individu……..

Related product you might see:

Share this product :

+ komentar + 3 komentar

17 April 2015 pukul 08.09

Salam Gemlovers.
Saya adalah Akik Kucing yang fotonya Katilayunya dipakai dalam artikel ini. Namun saya tidak melarang penggunanaan foto saya jika tujuannya untuk membuat artikel bermanfaat seperti ini. Dengan ini sekalian saya mau memberi izin atas foto saya yang digunakan. Semoga bermanfaat.

Bagi yang ingin lihat-lihat koleksi saya yang lain termasuk Katilayu bisa buka-buka atau ikuti Facebook saya :
www.facebook.com/toko.akik.kucing

Terima kasih

15 Juni 2015 pukul 04.31

terima kasih ...atas pencerahan nya sebelum nya ....saya minta maaf yg sebesar2 nya ,saya hanya membuat artikel untuk semua jenis 2 batu. karena sangking banyak nya batu saya hanya copas dari yg punya data dan untuk masyarakat juga yg ingin membaca nya dan pengetahuan tentang alam ini.....
salam kenal selalu semoga sukses untuk TOKO.AKIK.KUCING....amin.......

24 September 2018 pukul 18.45

thank infonya sangat membantu, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2PCSHxk

Posting Komentar

SAMPLE PRODUCT

ISI MENU
 
Support : Creating Website | erwin Template | erhayana Template
Copyright © 2011. GemStone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger